Minggu, 25 September 2011

TUGAS 1

Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah.


Fungsi-Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
Menurut para ahli :

Henri Fayol
Henri Fayol lahir di Istanbul tahun 1841 dan wafat di Paris pada tahun 1925 . Fayol adalah seorang teoris manajemen atau administrasi asal Prancis .
Yang paling terkenal dari Fayol adalah tentang lima fungsi utama Manajemen, yaitu :
  •  Merencanakan
  •  Mengorganisir
  •  Memerintah
  •  Mengkoordinasi
  •  Mengontrol
Ernest Dale
Manajemen adalah suatu proses yang memiliki fungsi, terdiri dari :
  •  Planning
  •  Organizing
  •  Staffing
  •  Dirrecting
  •  Innovating
  •  Representing
  • Controlng
George R.Terry
  • Perencanaan (Planning) yaitu rencana dari setiap manajer untuk memajukan visi dan misi di dalam perusahaannya agar terus berkembang dan maju dalam persaingan terhadap perusahaan lain.
  • Pengorganisiran (Organizing) yaitu fungsi sebuah organisasi untuk mewujudkan agar planning dalam organisasi dan manajemen dapat terlaksana oleh karena itu dibutuhkan organisasi untuk menjalankan sebuah rencara.
  • Penggerakkan (Actuating) maksudnya adalah menempatkan segala sesuatu sesuai prosedurnya.
  • Pengawasan (Controling) maksudnya agar sebuah organisasi terus brjalan dengan baik maka dibutuhkan pengawasan dari Manajer yang bias mengatur organisasi tersebut.
Luther M. Gulick 
  • Perencanaan (Planning)
  • Mengorganisir (Organizing)
  • Melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing)
  • Mengarahkan (Directing)
  • Menyelaras/Mengkoordinir (Coordinating)
  • Melaporkan (Reporting)
  • Menyusun Anggaran (Budgeting)
Organisasi

Organisasi (Yunani: ὄργανονorganon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang,material,mesin,metode,lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Bentuk-bentuk bagan organisasi terdiri dari :
  1. Bentuk piramid. Bentuk yang paling banyak digunakan karena sederhana, jelas dan mudah dimengerti.
  2. Bentuk vertikal. Bentuk yang agak meyerupai bentuk piramid dalam hal pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah, hanya bagian vertikal berwujud tegak sepenuhnya.
  3. Bentuk horizontal. Bagan ini digambarkan secara mendatar, aliran wewenang dan tanggung jawab digambarkan dari kiri ke kanan.
  4. Bentuk lingkaran. Bagan ini mekekankan pada hubungan antara satu jabatan dengan jabatan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar