Minggu, 15 April 2012

Pendekatn Perilaku Konsumen

Pendekatan Perilaku Konsumen

Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen ada 2, yaitu :

1.      Pendekatan Marginal Utility (Cardinal) beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu-satuan misalnya uang.
2.      Pendekatan Indifference  Curve (Ordinal) yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu-satuan. Tingkat kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah. Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut :
·      Utility bisa diukur dengan uang.
·      Hukum Gossen (The Law Of Diminishing Returns) berlaku yang menyatakan bahwa “Semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan yang dikonsumsikan akan menurun”.
·      Konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan.

Total Utility adalah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang tertentu.  
Marginal Utility adalah tambahan atau pengurangan kepuasan sebagai akibat dari pertambahan atau pengurangansatu unit barang tertentu.

Apabila yang dikonsumsi hanya 1 barang, maka tingkat kepuasan maksimum dapat dicapai pada saat total utility nya mencapai maksimum. Apabila yang dikonsumsi 2 macam barang atau lebih,maka kepuasan maksimum dapat dicapai apabila marginal utility untuk sejumlah barang yang dikonsumsi sama besarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar